Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Install Web Server di Linux Ubuntu atau Debian Lenny dengan Platform WordPress. WordPress merupakan CMS yang umum dan pupuler yang banyak digunakan sekarang untuk pembuatan web, termasuk web ini. Karena dengan menggunakan wordpress dapat dengan mudah mendapatkan tampilan yang kita inginkan, dilengkapi dengan plugin yang mudah di dapatkan. Segingga membuat wordpress tetap eksis dalam dunia web design.Berikut langkah-langkah cara konfigurasi dan Install Web Server di Linux Ubuntu atau Debian Lenny dengan Platform WordPress
# apt-get install apache2 mysql-server mysql-client php5 php5-mysql phpmyadmin
Pada saat penginstalan mysql maka kamu akan diminta memasukan password baru untuk mysql kamu, tapi sebaiknya samakan saja passwordnya dengan password root kamu. Kemudian pada penginstallan phpmyadmin silakan pilih apache2 saja, karena disini untuk web servernya menggunakan apache2.
Setelah selesai penginstallan silakan browsing lewat client dengan alamat ipserverkamu/phpmyadmin disini saya menggunakan ip 192.168.0.100 jadi login saya di 192.168.0.100/phpmyadmin untuk membuat database yang nantinya akan digunakan oleh wordpress. Login pada phpmyadmin dengan user root, dan password pada mysql tadi. Untuk membuat database pilih creat pada halaman pertama setelah login. Saya memberi nama databasenya db_wp.
setelah selesai kemudian kamu download wordpress dari wordpress.org/download kemudian di exstrak setelah itu edit wp-config-sample.php di folder wordpressnya menggunakan notepad. edit bagian berikut:
nah setelah di edit silakan rename wp-config-sample.php menjadi wp-config.php kemudian jika sudah selesai silakan upload menggunakan filezilla ke directory /var/www.
Ingat yang di upload bukan folder wordpress tapi isi di folder wordpress. Setelah semua terupload silakan browsing ke IP kamu 192.168.0.100 maka akan tampil sedikit pengaturan karena cukup mudah jadi tidak saya tulis. Dan hasilnya adalah seperti berikut:
oya jika kamu ingin merubah IP kamu menjadi domain silakan baca Install dan Konfigurasi DNS Server Pada Linux Debian.
Sekian tutorial cara Install Web Server di Linux Ubuntu atau Debian Lenny dengan Platform WordPress dari saya, terima kasih.
Description: INSTALL WEB SERVER LINUX DEBIAN Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: INSTALL WEB SERVER LINUX DEBIAN