KURSUS
MENGEMUDI
|
||
Jenis Latihan | ||
1 | - | Penjelasan instruktur mengenai pokok2 yang harus diketahui oleh seorang pengemudi |
- | Perkenalan instrumen mobil dan cara penggunaanya | |
2 | Penguasaan Teknik Kendaraan | |
a) | Start | |
b) | Oper gigi | |
c) | Berhenti | |
d) | Belok kiri / kanan | |
3 | Memberhentikan mobil secara mendadak atas perintah instruktur tanpa ada kekeliruan / mesin mati | |
4 | menghadapi problem lalu lintas: | |
a) | Berjalan dengan sempurna di jalan raya, cara2 berbelok ke kanan / ke kiri dengan cara melewati persimpangan | |
b) | Tetap berjalan di belakang kendaraan yang sedang berjalan lambat | |
c) | Mengejar dan melewati kendaraan lain dengan cara yang benar | |
d) | Waktu Latihan di jalan umum harus mentaati dan memperhatikan segala peraturan lalu lintas | |
5 | Latihan ketrampilan ( di lakukan di lapangan) | |
a) | Jalan mundur lurus sejauh 20meter | |
b) | Memutar kendaraan di tempat yang terbatas (diantara 2 bh mobil) | |
6 | Latihan Ujian | |
a) | Parkir kiri kanan | |
b) | Mundur lurus 20 meter | |
c) | Berhenti di tanjakan tanpa menggunakan rem | |
d) | Tanjakan, maju/mundur | |
Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian) | ||
Menghidupkan mobil dalam keadaandi gigi nol | ||
1) | Pasang tali / sabuk pengaman | |
2) | cek posisi persneling di gigi nol | |
3) | Putar kunci untuk menghidupkan mesin | |
4) | Turunkan Rem Tangan | |
5) | Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1 | |
6) | Angkat kopling pelan2 kemudian tahan kopling saat mobil mulia bergerak | |
7) | sambil Injak gas sedikit demi sedikit sampai mobil berjalan stabil | |
Memundurkan mobil ------>>> | ||
1) | Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R | |
2) | Angkat kopling pelan2 | |
Rasakan sampai mobil terasa bergerak mundur | ||
Atur bergerak mundurnya mobil dengan cara menginjak dan mengangkat kopling sekuku sampai dengan � kopling (jangan lebih dan jangan mengangkat terlalu cepat agar mesin tidak mati) | ||
Ganti gigi pada saat mobil berjalan (kaki kanan masih menginjak gas) | ||
1) | Injak kopling habis | |
2) | Angkat gas | |
3) | Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki | |
4) | Angkat kopling pelan2 | |
5) | Injak gas pelan2, sampai terasa jalannya mobil stabil sesuai dengan kecepatan seharusnya | |
6) | Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil hanya dengan menginjak gas saja | |
Jika melalui polisi tidur | ||
1) | Angkat gas, tempel pedal rem | |
2) | Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1 | |
3) | Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan hanya dengan mengangkat kopling sekuku sampai � kopling | |
atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak memakai lumpsum nya | ||
4) | jika dirasa polisi tidur terlalu tinggi, Injak gas sedikit sampai dirasa mobil bisa melewati polisi tidur | |
5) | Setelah dapat melewati polisi tidur injak gas pelan2 | |
Menambah/mengurangi gigi | ||
1) | Injak kopling habis | |
2) | Angkat gas | |
3) | Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki | |
3) | Tempel gas | |
4) | Angkat kaki dari kopling pelan2 | |
Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan cepat | ||
1) | Injak rem pelan2 sampai terasa mobil hampir berhenti | |
2) | Injak kopling habis | |
3) | Pindahkan gigi ke gigi 0 | |
4) | Angkat rem tangan | |
Menghadapi macet di lampu merah menggunakan rem | ||
1) | Injak kopling habis | |
2) | Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai keadaan jalan) | |
3) | Pindahkan gigi ke gigi 1 | |
3) | Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap | |
atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya | ||
Menghadapi macet di lampu merah tanpa menggunakan rem, atau ketika hendak keluar dari gang ke jalan raya | ||
1) | Injak kopling habis | |
2) | Tempelkan kaki di rem | |
3) | Pindahkan gigi ke gigi 1 | |
3) | Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap | |
4) | atau injak saja kopling habis biarkan mobil berjalan menggunakan lumpsump nya | |
5) | Tempel kaki di gas | |
Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem sedikit (tempel rem) | ||
Jalankan mobil merayap: Angkat kopling sekuku | ||
Dengan posisi ini mobil akan berjalan merayap | ||
Belok balik (berputar balik 180o) ke kanan | ||
1) | Jika mobil melaju terlalu cepat | |
2) | Angkat gas | |
3) | Injak kopling habis | |
3) | Pindahkan gigi ke gigi 1 | |
4) | Angkat kopling sedikit demi sedikit untuk menjalankan mobil merayap (=bergerak perlahan), dan injak kopling sekuku kalau ingin mengurangi jalan merayapnya mobil, lihat jalur apakah bebas jika ada mobil yang ingin lewat maka injak lagi kopling sekuku sambil menempel rem atau menempel gas (sebaiknya dipilih memberhentikan mobil dengan menempel gas agar jika mau jalan lagi tinggal lepaskan gas dan angkat kopling saja sekuku). Jika jalur sudah bebas hambatan, angkat kopling sekuku (mobil merayap maju) | |
5) | Putar stir 2 x ke kanan (putar stir habis) (ingat jangan memutar stir dalam keadaan mobil diam/berhenti, bisa merusak komponen mobilnya nanti) (lihat jalur apakah bebas atau tidak) | |
-
Jika jalur aman, jalankan/belokkan mobil dengan mengangkat kopling
sekuku
(mobil akan maju merayap), kurangi laju jalannya mobil dengan menginjak kopling sekuku |
||
- Jika jalur sibuk berhentikan mobil dengan kombinasi mengangkat kopling sekuku dengan menempel rem | ||
(biasanya jika kopling diangkat sekuku akan terasa mobil bergetar sedikit) | ||
- Jika jalur sudah bebas kembali ankat kopling sekukumkembali (mobil akan merayap maju kembali) | ||
6) | Setelah mobil berhasil belok dan dirasa sudah lurus, segera putar balik stir 2x ke kiri sambil mobil maju merayap | |
-
Jika mobil sudah lurus, tempel gas (sesuaikan dengan kondisi lalu
lintas),
angkat kopling perlahan, jika sudah sesuai dengan kondisi
jalan yang
dihadapi lepaskan kaki dari pedal kopling biarkan jalannya mobil
hanya
diatur oleh gas (gunakan gigi 1, 2, dan 3 saja jika berada di dalam kota) |
||
Menghidupkan mobil yang mati mesin tiba2 | ||
1) | Jangan panik ! | |
2) | Injak kopling habis | |
3) | Hidupkan mesin | |
4) | Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan | |
- Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit | ||
- Jika mobil sudah bergerak stabil, angkat kaki dari kopling, jalankan mobil hanya dengan gas saja | ||
Macet di jalan tanjakan | ||
1) | Gigi dalam posisi gigi 1 (sebaiknya selalu gunakan gigi 1 kalau jalanan macet) | |
2) | Injak kopling habis | |
3) | injak penuh rem Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergetar | |
Jika jalan menanjak, bantu tenaga mobil dengan menginjak gas sedikit(jangan terlalu besar) | ||
Jika mobil didepan berhenti di tanjakan , injak kopling habis, injak rem | ||
Jika mobil di depan mulai bergerak sedikit di jalan tanjakan , angkat kopling perlahan(rasakan sampai mobil bergetar agar mobil tidak mundur ketika melapas rem), baru lepaskan rem, tempel gas | ||
Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, injak pedal rem, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sekuku sampai mobil terasa bergetar sedikit (agar mobil tidak mundur), tempel gas | ||
Tanjakan tanpa menggunakan rem | ||
1) | Gigi dalam posisi gigi 1 | |
2) | Injak kopling | |
3) | Angkat kopling sekuku (mobil akan bergerak maju perlahan, MOBIL BERJALAN) | |
4) | Injak kopling sekuku diimbangi dengan menginjak/menempel gas sedikit (mobil akan berhent, MOBIL BERHENTIi) | |
5) | Angkat kopling sekuku mobil akan merayap maju kembali, bila kopling di injak mobil akan mundur. | |
Untuk berjalan atau dan berhenti dalam posisi ini hanya menggunakan kombinasi injak dan angkat kopling sekuku dan sedikit gas | ||
Tiba2 ada orang menyeberang | ||
1) | Angkat gas | |
2) | Injak rem | |
3) | Injak kopling habis | |
Macet di jalan rata | ||
1) | Gigi dalam posisi gigi 1 | |
2) | Injak kopling habis | |
3) | Angkat kopling perlahan2, rasakan sampai mobil bergerak maju perlahan | |
Jika mobil di depan berhenti tiba2, injak rem perlahan atau angkat kopling sekuku sambil injak gas sedikit | ||
Kombinasi kopling dangan gas ketika mobil didepan berhenti tiba2 lebih baik digunakan sehingga kalau mobil di depan maju tinggal angkat kopling sambil tempel gas. Jadi maju dan berhentinya mobil hanya menggunakan kombinasi kopling dan gas ! | ||
Jika mobil di depan mulai bergerak maju sedikit, injak kopling habis, lalu angkat kopling sekuku rasakan mobil mulai maju merayap | ||
Jika mobil di depan mulai berhenti perlahan, injak kopling penuh(rasakan sampai terasa mobil berhenti perlahan) | ||
Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak habis kopling, tekan rem tangan, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sampai terasa mobil maju jika perlu boleh tambahkan dengan menginjak gas | ||
Macet di jalan turunan | ||
1) | Gigi dalam posisi gigi 0 | |
2) | Mainkan rem saja tak perlu gas karena mobil akan berjalan dengan sendirinya tanpa di gas | |
Mobil sedang melaju cepat tiba2 mobil didepan jalan merayap | ||
1) | Injak rem perlahan | |
2) | Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1 | |
3) | Angkat kopling sekuku biarkan mobil maju merayap | |
4) | jika mobil di depannya berhenti tinggal menginjak kopling dan tempel rem | |
Menghentikan mobil tiba2 dalam keadaan mobil sedang berjalan pelan | ||
1) | Injak kopling habis | |
2) | Tempelkan kaki di rem, rasakan sampai mobil terasa berhenti secara perlahan2 (jangan menginjak rem terlalu cepat) lepaskan rem sebelum mobil benar benar berhenti | |
3) | Pindahkan gigi ke gigi 0 | |
3) | Angkat rem tangan | |
Berhentikan mobil ketika mundur | ||
1) | Angkat gas | |
2) | Injak rem perlahan2 | |
3) | Injak kopling habis | |
Melambatkan jalannya mobil ketika mundur (Mobil berjalan merayap) | ||
1) | Posisi gigi di R, angkat gas, tempel rem | |
2) | Injak kopling, angkat/lepas rem | |
3) | Angkat kopling sekuku | |
Perhatikan ! Jika sudah dapat berhenti dengan � kopling + tempel gas, maka jika gas ditambah sebesar apapun mobil tak akan bergerak | ||
Parkir maju | ||
1) | Lewati mobil badannya | |
2) | Belokin stir | |
3) | Jalankan mobil pelan2 kopling diangkat pelan2 sekuku | |
Mundur/parkir ke kanan | ||
1) | Putar stir habis ke kanan | |
2) | Mundur merayap(dgn cara mengatur kopling) | |
3) | Segera putar balik stir(setelah dalam posisi lurus) | |
4) | Mundur lurus | |
Parkir mundur ke kanan | ||
1) | Injak kopling habis | |
2) | Pindahkan gigi ke R | |
3) | Tempel rem | |
4) | Mundur lurus | |
5) | Jalankan mundur perlahan dengan pola: jalan mundur pelan - berhenti - jalan - berhenti -jalan dengan cara: Injak kopling sekuku, tahan, lalu angkat lagi kopling sekuku, tahan | |
6) | Mata lihat ke kaca spion | |
7) | Perhatikan: Mundur mobil harus diusahakan lurus segaris dengan trotoar | |
Jika pantat mobil sudah sampai di ujung jalan atau kurang sedikit dari ujung jalan tempat parkir maka Injak kopling | ||
8) | Putar stir habis kekanan 2 x putaran | |
9) | Angkat kopling sekuku | |
10) | Jika jalan menanjak bantu tenaga mobil dengan menginjak gas | |
11) | Jika kira2 mobil sudah masuk, luruskan mobil dengan cara injak kopling | |
12) | Putar balik stir 2 x ke kiri | |
13) | Angkat kopling sekuku agar mobil bisa masuk pas ke dalam tempat parkir | |
Jika ingin parkir tepat di pinggir maka mobil dibelokkan kurang sedikit pantat mobil dari ujung jalan (lebihkurang sebesar 1 x badan manusia) | ||
Jika ingin parkir agak ke tengah (jika tempat parkir agak besar) maka start mobil di belokkan pas di ujung jalan belokan itu | ||
14) | Injak kopling | |
15) | Tempel rem | |
16) | Pindahkan gigi ke gigi 0 | |
17) | Angkat rem tangan | |
18) | Lepaskan kaki dari kopling dan pedal rem | |
19) | Copot safety belt, matikan mesin mobil, ambil kunci dan simpan, gembog stir mobil, buka pintu | |
Jika kita salah perhitungan ketika membelokkan mundur mobil, maka | ||
1) | Injak kopling | |
2) | Pindahkan gigi ke gigi 1 | |
3) | Majukan mobil sedikit, jika kira2 sudah lurus (kontrol dengan cara mengatur ban mobil agar lurus dengan cara putar balik stir) | |
4) | Mundurkan mobil dengan cara Injak kopling, pindahkan ke gigi R, angkat kopling sekuku tahan, angkat lagi sekuku tahan, injak sekuku tahan, begitu seterusnya sampai posisi mobil benar2 masuk. | |
Jangan lupa melihat kondisi jalur jalan sebelah kanan dan kiri serta belakang melalui kaca spion | ||
5) gunakan sepion tengah untuk melihat belakang tepat | ||
Perhatian : | ||
1) | Stir tidak boleh diputar dalam keadaan mobil diam karena bisa merusak ban , poros ban , dan tie rod | |
2) | Kalau jalan menanjak dan jalanan macet agak lama di tanjakan maka pakailah rem tangan jangan selalu mengandalkan kopling sebab kalau tidak, dapat merusak mekanik kopling | |
3) | Rem kaki tidak boleh ditekan terus tapi harus dengan pola angkat, injak, angkat, injak (misalnya ketika turunan panjang ) sebab dapat menyebabkan rem terbakar | |
4) | Pakailah selalu gigi 1 jika melalui jalan yang berlubang2 | |
5) | Untuk perjalanan dalam kota yang ramai dianjurkan untuk selalu menggunakan gigi 1 dan 2 saja | |
6) | Kuasai emosi ketika berjalan lambat setelah berjalan cepat | |
7) | Gigi 1, 2, 3 untuk jalan lambat dan tanjakan | |
8) | Gigi 4,5 tak kuat jika digunakan untuk jalan tanjakan (semakinbanyak gigi semakin kecil power mesin) | |
9) | Untuk menghindari mesin mati tiba2 maka angkatlah kopling pelan2 jangan menyentak dan sekaligus | |
10) | � kopling berguna untuk jalan menanjak, macet, belok, start awal berjalan, mundur, belok/memutar mobil, dan parkir | |
11) | Gigi 3 untuk jalan raya besar | |
12) | Gigi 2 untuk jalan raya kecil/sempit | |
TIPS : | ||
1) | Bagian mobil yang tidak boleh kena air ketika mencuci mobil: tempat busi, dan tempat injection | |
2) | Mesin hendaknya dibersihkan dengan minyak tanah jangan dengan air, karena mesin cepat karatan jika kena air | |
3) | Jika mengganti oli minta dibersihkan juga: busi, saringan udara minta disemprot sebab sarngan udara yang kotor berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar | |
4) | Sampai jalan 50.000 km mobil baru masih aman karena service masih ditanggung dealer | |
5) | Jika stir ngebuang maka harus di balanching dan di spooring | |
6) | Seminggu sekali sebaiknya ganti air aki | |
7) | Tune up jangan terlalu sering | |
8) | Saringan bensin dibersihkan dengan ditiup agar tidak cepat kotor | |
9) | Bensin jangan dibiarkan sampai habis karena kotoran bisa naik | |
10) | Mencuci mobil jangan memakai rinso tapi pakailah shampoo mobil | |
11) | Setelah jalan 75.000 km biasanya ban harus diganti | |
12) | Jangan terlalu banyak main setengah kopling jika lampu merah pakai rem tangan saja karena dapat membuat mesin panas ! | |
Sebab
bisa membuat kanvas kopling tipis sehingga mobil akan terasa kurang
tenaga
meskipun sebenarnya mesin baik2 saja. Output mesin akan terbuang sia2 karena salah satu penyalurnya tidak berfungsi dengan baik. Jika penipisan pada kanvas kopling sudah amat parah maka mobil tidak bisa melaju sama sekali. |
||
Fungsi kopling adalah meneruskan tenaga dari mesin ke persneling (transmisi) | ||
Menginjak kopling setengah memang perlu sebagai penyeimbang agar mesin mobil tidak mati saat di-rem atau waktu pertama kali kendaraan melaju. Cuma, seharusnya jangan terlalu lama dan jangan terlalu sering. Satu lagi, begitu selesai perpindahan gigi, langsung lepas pedal kopling. | ||
Yang sulit dihindari adalah saat jalanan macet. Kebanyakan pengendara lebih memilih menginjak pedal kopling setengah ketimbang cara lain. Salah satu cara yang kami sarankan adalah melaju perlahan dengan gigi satu. Andai pun terpaksa harus berhenti karena antrian mobil, lebih baik posisikan netral sekaligus dan injak rem. Sehingga, pedal kopling bisa dibebaskan. | ||
Ketika kopling diinjak, kaitan antara mesin dan persneling akan terputus sehingga praktis output mesin tidak sampai ke penggerak roda. Digeber-geber pun laju kendaraan tidak akan berubah. Laju roda akan terpengaruh begitu kopling dilepas. Sebab, pada saat pedal kopling dilepas, plat penekan (matahari) akan menekan kanvas sehingga power dari mesin (melalui fly wheel) dapat bergerak menuju persneling. | ||
Pada saat kopling ditekan setengah, maka tenaga dari mesin melalui fly wheel yang diteruskan ke persneling pun hanya setengah. Posisi kanvas juga setengah menghubungkan. Posisi inilah yang membuat terjadinya gesekan antara kanvas kopling - fly wheel - matahari. Gesekan-gesekan ini yang akan mempercepat tipisnya kanvas kopling | ||
13) | Biasakan menggunakan oli merk PRIMA (beli di pertamina) | |
14) | Mobil di tempat kursus biasa pakai oli merk ADNOC (warna hijau) karena mobilnya dipakai terus menerus | |
15) | Panaskan mobil tiap hari selama 10 menit (jangan menginjak gas besar mendadak waktu proses pemanasan) | |
16) | Merk cat mobil dihapalin, minta contoh cat ke dealer atau minta secukupnya | |
17) | Bila mobil garet sedikit, hilangkan dengan autan pada tempat yang kena lalu cuci pakai shampoo | |
18) | Jika mengelap kaca harus sampai kering | |
19) | Saringan udara dan busi original bekas simpan saja jangan dibuang | |
20) | Pakailah lap mobil merk CANEBO, lap ini full terbuat dari karet, jiak ditarik akan terasa melar | |
21) | Harga kunci stir kira2 Rp. 50.000,- |
Posted on
03:59
- by Unknown
In:
Otomotif
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
5 January 2015 at 20:48
mengendarai mobil memang butuh waktu, sehingga kita perlu belajar,untuk bisa mengendarai roda empat sebelum belajar mobil ada baiknya anda menggunakan Asuransi mobil dahulu untuk mengurangi resiko kerugian akibat kecelakaan