Cooling Fan adalah salah satu aksesoris yang dapat menambah kemampuan laptop anda untuk bekerja, karena dengan ada nya cooling fan membuat sirkulasi udara di dalam laptop menjadi lebih lancar dan lebih dingin. Banyak sekali cooling fan yang di jual di toko komputer, tapi kalau anda punya PC yang sudah tidak terpakai lagi anda bisa memanfaatkan fan/kipas yang terdapat pada pc tersebut untuk membuat cooling fan yang nantinya dapat anda pakai untuk laptop anda.
 Langkah pembuatannya sangat mudah dan bahan-bahan yang diperlukan pun tidak sulit di dapat,ya jadi pasti semua bisa membuatnya dengan segera. Adapun bahan-bahan untuk membuat cooling fan ini antara lain :
  1. Yang pastinya mini fan yang bisa di gunakan untuk PC sebanyak 2 atau 3 fan
  2. Kabel usb yang biasa di gunakan untuk printer / perpanjangan kabel usb
  3. Cutter / Gunting
  4. Isolasi khusus untuk kabel listrik
  5. Kotak motherboard / kotak apa saja yang dapat di gunakan untuk wadah fan nya.
Nah setelah semua bahan di atas tersedia kita baru kita mulai prosesnya.

 Langkah 1

Potong kabel perpanjangan usb, pada kabel usb ini biasanya terdapat empat kabel berwarna yaitu merah , hijau, putih, dan hitam, nah yang kita pakai adalah kabel yang berwarna merah dan hitam.

Langkah 2

Potong kabel yang digunakan untuk menghunungkan fan ke power suply.

Langkah 3

Gabungkan kabel fan ke kabel perpanjangan usb dengan warna yang sama yaitu kabel yang merah pada fan di gabungkan dengan kabel yang merah pada kabel usbnya, seperti gambar dibawah ini, kemudian kebel yang telah di gabungkan di isolasi dengan isolasi listrik.
“catatan : untuk kabel yang dipakai dari usb hanya yang berwarna merah dan hitam., sedang yang berwarna putih dan hijau tidak di pakai”

Langkah 4

Setelah semua fan dan kabel usb telah di gabungkan, selanjutnya buat sketsa lobang fan di atas kotak motherboard dan lubangi menggunakan cutter seperti di bawah ini.

Langkah 5

Setelah itu buat kaki penahan bagian atas kotak dengan  karton,yang dibentuk seperti dibawah ini kemudian di susun seperti gambar di bawah ini.

Langkah 6

Setelah kotaknya telah siap, kita tinggal menempelkan fan pada bagian dalam lobang yang telah kita buat tadi mengunakan isolasi ataupun lem aibon, seperti gambar di bawah ini.

Langkah 7

Rapikan kabel pada bagian kotak menggunakan isolasi.

Langkah 8

Membuat lobang angin sebagai sirkulasi udara dan juga lobang untuk keluarnya kabel usb di bagian sisi belakang kotak.
Tinggal menutup kotaknya dan Cooling Fan kita telah siap untuk di gunakan. Selamat mencoba!.

Hasil akhir

Description: Membuat Cooling Fan Laptop dengan Fan Bekas PC Bekas Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Membuat Cooling Fan Laptop dengan Fan Bekas PC Bekas